TENS IN PAPUA | Lisya Weblog

You are here:
Home » Uncategorized » TENS IN PAPUA

TENS IN PAPUA

 

Alhamdulillah setelah empat hari bearda di Papua akhirnya gue bisa kembali ke tanah air dengan selamat. Jadi gini ceritanya, g kebagian liputan training di Papua. Tadinya gue engga mikir ada apa-apa, tapi seorang teman memperingatkan kalo konflik di Timika kini mulai bergerak ke Jayapura. Walau hati deg-deg plas tapi yang namanya tugas harus dilewati, alhasil guepun sampai di Sentani.

Emang saat itu keadaaanya menyeramkan, jalanan di Abepura masih dikotori dengan pecahan kaca, dan bekas bakaran mobil, tapi suasana sudah sedikit aman mulai pukul 17:00. G sampai di Jayapura sekitar pukul 19:30 waktu setempat, dari Sentani ke Jayapura ditempuh selama 1 jam.

Gue agak sedikit aneh melihat keadaaan di sana, gue rasa orang juga akan melihat keadaaan yang sebenarnya ketika sampai di sana. Gue tidak membayangkan daerah sekaya hasil bumi dan seindah Irian tetapi penduduk aslinya yang masih terbelakang. Yah gue harus menyebut ini setelah melihat kondisi aslinya. Tapi tentu tanpa punya niatan buruk, hanya saja ini membuat gue merenung. Selama bertahun-tahun Papua bersama Indonesia kenapa masih seperti itu perkembangannya?…gue yakin ini bukan masalah pemerintah. Tetapi culture masyarakat di sana rasanya masih sulit. Ok, mereka welcome dengan pendatang..but that’s all. Welcome dengan pendatang bukan berarti welcome dengan culturenya juga.

Misalnya, mereka tidak terbiasa makan nasi, terbiasa tinggal di hutan, tidak mandi (padahal menurut ibu2 dharma wanita sudah bertahun-tahun diajarkan mandi), kalo marah bisa langsung perang, dan sebagainya.
Gue juga tidak akan mengaji secara ilmiah bawaan gen yang ada pada saudara-saudara kita itu, tapi kenyataan di sana memang seperti itu. Hampir seluruh sektor ekonomi di Jayapura dikuasi pendatang, karena secara skill penduduk asli belum mampu. Dan kalaupun harus merubah perilaku harus dimulai dengan perubahan keras pada budaya mereka.

Waduh kenapa gue jadi serius, tapi itulah kenyataannya. Dah dulu ya…

Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
21
2006
 
 
Lisya Weblog Search form
Recent Comments
  • Nurhablisyah: Materi slide ada, hanya untuk melindungi kepentingan saya sebagai penyusun materi, maka saya...
  • Ringgo: Apakah ada materi dalam bentuk slide bu? Murid lebih menyukai pelajaran dengan slide sepertinya. Terima...
  • Senter Police: Oke makasih bu Dosen :D
  • Pusat Variasi Motor: saya senang atas artikel anda ini sangat membantu saya akan kembali untuk lain waktu agar dapat...
  • Variasi Motor: makasih ya mbk