Sebentar lagi Ramadhan | Lisya Weblog

You are here:
Home » Uncategorized » Sebentar lagi Ramadhan

Sebentar lagi Ramadhan

 

Assalamu’alaikum minna, sudah lama saya tidak up date dengan blog ini. Minta maaf ya, juga tidak sempat membalas komentar teman-teman. Kesibukan sebagai pekerja, ibu, dan istri memang cukup memakan waktu. kali ini saya cuma mau share, sesuatu yang saya rasakan sebulan terakhir. Bahwa menjadi orang tua punya konsekwensi yang berat. Jika Anda seorang muslim dan sedang dalam tahap berupaya menjalankan ISlam dengan sungguh-sungguh, kenyataan ini semakin berat. Bahwa tanggungjawab menjadi orang tua bukan hanya mengantarkan anak-anak kita pada jenjang studi yang baik, karakter yang baik, bahkan mempersiapkan mereka hingga pernikahan, termasuk urusan memilih jodoh dna menyiapkan mereka menjadi orang tua yang ideal.

Bicara tentang orang tua ideal..apakah Anda dilahirkan dari keluarga ideal? ideal menurut siapa dan apa kategorinya? anyway..Saya yakin, tidak ada seorang anakpun di dunia ini yang ingin melihat orang tuanya sengsara. Jika ada anak-anak yang cuek, maka kemungkinan besar contoh itulah yang diberikan oleh orang tuanya. Kita selalu menunut ornag lain untuk belajar dan lebih baik dari kita, namun kita sendiri lupa buat meng-upgrade diri kita. Itulah sebabnya dalam Islam, belajar itu sampai ling lahat, karena menjadi ornag tua belajar juga gak ada matinya, kecuali Allah yang memanggil kita menghadapNya.

Jika Anda adalah seorang anak, saya yakin keinginan Anda adalah untuk membahagiakan orang tua sangat besar. Anda ingin sekali berangkatin orang tua pergi haji, kasih baju yang bagus, beliin rumah, cek kesehatannya ke rumah sakit, dan mencampinginya selalu. namun ketika Anda sendiri sudah berkeluarga, dihimpit oleh berbagai kebutuhan. Walau bukan orang yang bergelimang harta, Anda ingin berbagi seadanya, namun ekspektasi dan kebutuhan orang tua tidak bisa dipenuhi, apa yang Anda lakukan?

Apalagi jika kemampuan orang tua Anda melebihi kemampuan Anda..Anda tentu akan bingung. Sulitnya bicara pada orang tua kita adalah, jika bicara mengenai kebenaran yang mereka tidak sukai, kita dianggap melawan, bicara mengenai kebenaran yang mereka sukai dianggap menggurui. yang jadi masalah lain, adalah ketika orang tua curhat kepada adik atau kakak yang tidak tahu akar permasalahannya, maka pesannya makin absurb. menjelaskan ribuan kata juga tidak akan didengar, akrena dianggap telah menyakiti ornag tua dan jadi anak durhaka.

Sekali lagi, sulit menjadi orang tua. Yang tidak mau sulit, harusnya belajar! belajarlah pada guru yang benar. Belajar bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan, orang tua bukan dewa, orang tua kalau salah juga masuk neraka, maka banyak-banyak minta maaf, bukan cuma pada Allah, tapi pada anak, kerabat, tetangga dan lainnya

Jadi orang tua tidak mudah!
Makanya jangan sok tau, pengen cepet-cepet nikah, punya anak dan merasa bisa mengurusnya. Seklai lagi, galilah ilmu sebanyak-banyaknya dan bersikap rendah hatilah.
Kita bukan malaikat, kita juga bukan Nabi yang dijamin masuk surga. Kita manusia, tampatnya salah dan dosa. makanya tidak heran, rasulullah yang segitu dijamin masuk surga istigfar dalam sehari sebanyak ratusan kali. Rasul juga manusia!

Saya adalah seorang ibu, saya orang tua. Saya ingin menjadi orang tua yang bisa mengantarkan anak-anak Saya, bahwa dunia ini bukanlah tempat yang ramah, namun di dunia ini kita bisa menggali banyak cinta dan pengetahuan. Dengan memiliki ilmu, rizki artinya tanggungjawab yang harus diemban juga banyak, maka berbagilah! orang kaya itu tujuannya berbagi. Karena harta dan ilmu bagai energi, tidak dapat dihilankan namun dapat diubah.

Ya Allah jadikan Saya, suami saya, anak-anak Saya kelak, manusia yang haus belajar, manusia yang tidak malu minta maaf dan pandai bersyukur. Dengan demikian, Saya dapat mengantarkan anak-anak Saya, bukan hanya sampai gerbang pernikahan, namun juga gerbang kubur mereka.

Selamat istirahat minna

Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

May
25
2014
 
 
Lisya Weblog Search form
Recent Comments
  • Nurhablisyah: Materi slide ada, hanya untuk melindungi kepentingan saya sebagai penyusun materi, maka saya...
  • Ringgo: Apakah ada materi dalam bentuk slide bu? Murid lebih menyukai pelajaran dengan slide sepertinya. Terima...
  • Senter Police: Oke makasih bu Dosen :D
  • Pusat Variasi Motor: saya senang atas artikel anda ini sangat membantu saya akan kembali untuk lain waktu agar dapat...
  • Variasi Motor: makasih ya mbk