Oleh-oleh dari ceramah Subuh | Lisya Weblog

You are here:
Home » Uncategorized » Oleh-oleh dari ceramah Subuh

Oleh-oleh dari ceramah Subuh

 

Menuliskan oleh-oleh ini seperti membongkar satu per satu dosaku yang berbentuk debu di antara dosa lain yang besarnya segunung Himalaya.

Setelah pertemuan dengan sahabat itu tuh. Ingin sekali memperbaiki diri, mulai dari sholat tepat waktu deh. Ceritanya di komplek rumah sudah beberapa kali diadakan Gerasuja (Gerakan Sholat Subuh Berjamaah). Setelah beberapa kali diundang saya gak pernah datang, apalagi kalo alasannya ketiduran, kesiangan, males, apalah. Dan semangat itu datang dengan begitu membara. Tanpa suami harus membangunkan, saya sudah bangun sendiri dan siap-siap mandi (Maunya sih konsekwen di mata Allah dulu, tapi ini juga susahnya minta ampun…memang tidak ada yang mudah di dunia ini. Bahkan buang airpun harus usaha..)

Lagi mandi, eh Adzan subuh berkumandang, duh…cepet-cepet deh mandinya, tergopoh-gopoh, berwudhu, berpakaian, ambil mukena dan langsung jalan ke mushola bersama suami. Di tengah jalan baru inget, belum sikat gigi dan gak bawa uang sama sekali. Yang penting Subuh dulu deh. Sampe di mushola langsung dengar Qomat dan kami sholat berjamaah.

Ini oleh-oleh dari Pak Ustad.
1.Sholat Subuh berjamaah di Musholah/Masjid adalah indikasi keimanan seseorang (Ini artinya, bagi perempuan yang sering kesiangan seperti aku, sudah pasti keimanannya sangat-sangat rendah…ampun deh!..mending ngaku daripada membela diri)
2. Sholat Subuh adalah sholat wajib yang unik dan istimewa. Tidak bisa dijamak, tidak bisa diqosor. Dan Rasulullah menyisipkan sholat sunnah sebelum Subuh, dimana walaupun sunnah. Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat itu. Namanya Sholat Fajar (seinget gue, seumur hidup, gue baru 3 kali sholat Fajar…halah! susah juga nih untuk kaya mengikuti Rasul. Tapi kalo ada kemauan keras, apapun pasti bisa yah?)
3. Suatu ketika, Ali bin Abi Thalib ingin Sholat Subuh berjamaah. Setelah keluar dari rumahnya, Ali yang sedang bergegas harus memperlambat jalannya. Di depan Ali, ada seorang bapak tua yang jalannya sangat lambat. Ali tidak mau mendahuli sang Baapak, karena alasan sopan santun. Walaupun hatinya bergejolak takut ketinggalan Subuh berjamaah. Begitu sabarnya Ali menahan langkahnya yang pelan. Tibalah ia di depan masjid. Namun sang bapak tua, bukannya masuk masjid, ia lalu berbelok menjauhi masjid. Ternyata sang Bapak adalah seorang Yahudi.Ali melihat di masjid jamaah masih rukuk. Jadi ia masih bisa mengikuti Subuh sebagai masbuk (jamaah sholat yang terlambat). Dengan demikian, pahala sholat berjamaah masih bisa dimiliki Ali. Usai Subuh berjamaah tuntas, beberapa jamaah protes pada Rasulullah yang kala itu menjadi imamnya. Protesnya, mengapa rukuk Rasul SAW begitu lama. Lama sekali, lebih lama dari biasanya. Rasulullah dengan tenang menjawab “Bagaimana aku bisa bangun dari rukukku. Jika ada Jibril yang mehanku bangun dari rukukku. Jibril mengatakan untuk menunggu Ali.”

Setelah mendengar kisah ini, Speechless deh…begitu spesialnya Ali, hingga Allah menyuruh jibril menahan rukuk Rasulullah..:)

4. Ada beberapa doa yang dibaca setelah Sholat Subuh, salah satunya: Laa Illaha Illallah Wahdahu Laa Syarikala..Lahul Mulku, Walahul Hambu, Yuhyi wayumiitu ‘Ala kulli syaiin Qodiir (Kalau tulisan latinnya salah, mohon maaf dan silahkan cari yang Arabnya), keutamaan doa ini: (ini kurang lengkap..karena berusaha seksama mendengarkan..bisa dicari referensi yang lebih valid..maaf ya)

– Allah SWT memberikan 10 kebaikan seseorang hingga malam tiba
– Allah SWT menaikkan derajat 10 kali seseorang
– Allah SWT menjauhkan keburukan dari diri seseorang dari apa yang tidak dikehendaki

Nah begitulah..

Selanjutnya, setelah ceramah selesai, sesama warga kami beramah tamah, sambil ngeth dan makan pecel yang telah disiapkan oleh panitia (banyak pahalanya nih panitia, harus bangun lebih pagi dari jemaah subuh..hebat!)

Mudah-mudahan oleh-oleh ini bermanfaat…
Saling mendoakan ya, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan agar kita komit terhadapNya. …:)

Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
7
2010
 
 
Lisya Weblog Search form
Recent Comments
  • Nurhablisyah: Materi slide ada, hanya untuk melindungi kepentingan saya sebagai penyusun materi, maka saya...
  • Ringgo: Apakah ada materi dalam bentuk slide bu? Murid lebih menyukai pelajaran dengan slide sepertinya. Terima...
  • Senter Police: Oke makasih bu Dosen :D
  • Pusat Variasi Motor: saya senang atas artikel anda ini sangat membantu saya akan kembali untuk lain waktu agar dapat...
  • Variasi Motor: makasih ya mbk